Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Bahan Kaos yang Adem, Nyaman Dipakai dan Gak Panas

Cara Memilih Bahan Kaos yang Adem

 

Banyak yang gak tau kalo harga kaos itu murah dan mahal tergantung dari bahannya. Ada yang asal nyebut kaos ini murah, padahal bahannya panas dan gak nyaman dipakai. 

Alhamdulillah saya udah 10 tahun bergelut di dunia konveksi dan kali ini ingin berbagi ilmu dengan sobat sekalian. 

Untuk pemilihan kaos usahakan pakai kain katun combed (yang grade A) agar ketika dipakai nantinya tidak panas, nyaman dipakai, tidak berbulu dan tidak gampang menyusut.

Combed inipun ada berbagai tingkat ketebalan.

Berikut yang lazim ditemukan di toko-toko tekstil:

1. Combed 30s : agak tipis, paling cocok untuk kaos bali yang adem banget buat di pantai

2. Combed 24s : sedang, paling banyak digunakan dan paling banyak warnanya. Paling sering dipakai oleh distro terkenal

3. Combed 20s : tebal, biasanya warnanya gak lengkap karena gak semua toko mau nyetock. Biasanya dipake oleh merk distro mahal karena harga kainnya juga lumayan mahal

Kalo saran dari saya buat sobat sekalian, pilih yang combed 24s aja biar gak terlalu tebal dan terlalu tipis. Saya sediri juga pake yang combed 24s, soalnya kalo pake bahan lain kerasa gak nyaman, gatal karena bahan poliester dan panas karena gak nyerap keringat. Beda dengan combed 24s yang selalu nyaman dipake kemana aja, dan tetap nyaman walaupun dipadukan dengan jaket yang tebal.

Jangan lupa juga kaos combed ini ada jenis jahitan juga. Pastikan jahitannya sistem rantai yang dipake oleh distro-distro terkenal, bukan jahitan obras alakadarnya yang dipake oleh kaos pariwisata murah yang harga 20 ribuan. 

Untuk pemilihan sablon juga baiknya tergantung budget juga. Bahan sablon GL adalah yang biasa digunakan. Sedangkan yang bahan plastisol biasanya lebih terkesan mewah karena kayak karet gitu, tebal dan elegan, tapi ya hati-hati jangan kena setrika aja, bisa melehoy nantinya.

Ya intinya sesuai budget aja tapi usahakan sesuai keperluan juga. Kalo perlunya untuk kaos olahraga dan perlu yang sesuai budget, tinggal pilih bahan TC atau poliester yang sebenarnya daya tahan lebih bagus daripada katun, namun ya itu agak panas. Tapi ya cocoklah buat olahraga.

Semoga tulisan saya ini berguna untuk kawan-kawan semua ya. Untuk tanya jawab bisa langsung ke WA saya di 085260211626

Terima kasih!

Wassalam.